Total Tayangan Halaman

Selasa, 28 Mei 2013

Tenaga "Pembantu" Rumah Tangga

Hufftt akhirnya gw bisa duduk santai depan tv sebelum melanjutkan aktifitas gw berikutnya. Siang ini gw disibukkan dengan menyetrika setumpuk baju dirumah. Sejujurnya gw dah ga pernah lagi yang namanya nyetrika, bahkan baju gw sendiri.

Anehnya meskipun gw dah lama banget ga bersahabat dengan setrikaan tp gw ga keberatan. Gw malah berpikir ini lah saat nya gw mulai membiasakan diri dg pekerjaan rumah tangga (cieeeeee yang bentar lagi nikah :p meskipun temen-temen gw, gw yang disangka ngebet hmmmm). Gw juga ga ngebantah pas papa bilang "tri bsk nyetrika yah, istrinya bang pipin pulang kampung". Yah begitulah cara keluarga gw menghargai orang yang bantu-bantu di rumah.

Orang tua gw ga pernah nganggap si mbak (sebut saja begitu krn bisa kepanjangan n bingungin klo gw sebut "istrinya bang pipin " terus hehehehehe) orang yang patut buat disuruh-suruh. Orang tua gw tetap memperlakukan si mbak layaknya seorang tetangga yang bersedia dan baik hati mau membantu pekerjaan rumah. Bahkan setiap si mbak membawa anaknya karena kebetulan anaknya ga ada yang jaga, orang tua gw memperlakukan anak itu kaya cucunya sendiri, semua makanan yang ada di rmh dikeluarin, disediain minum, diajarin ketika belajar, bahkan tak jarang diberi uang ketika dy mau jajan.

Sikap positif orang tua gw itu yang membuat gw dan anak-anaknya yang lain berpikir bahwa ga ada yang namanya "pembantu". Kita semua sama dan wajib mendapat perlakuan yang sama pula dengan layak.

Gw setuju dengan sikap yang dicontohkan oleh orang tua gw. Gw justru ga setuju banget dengan apa yang suka ditonjolkan di tv bahwa seseorang yang membantu kita di rmh wajib disebut sebagai "pembantu", wajib memanggil kita dg sebutan yang seolah-olah kita berada di strata yang lebih tinggi, wajib berpenampilan dan bersikap rendah, dan boleh untuk dihina bahkan direndahkan. Klo gw kuliah di bidang cinematografi, gw pengen banget jadi sineas muda yang bikin film-film positif yang ada contohnya di kehidupan nyata. So masyarakat Indonesia ga cuma disuguhin film2 horor, sedih, dendam, dan semacamnya.

Back to si mbak.

Coba deh kita pikir, coba klo kita ga dibantuin sm orang lain di rmh pada saat kita emang ga sanggung ngerjain semua sendiri, bisa kewalahan kan kita. So, jangan deh sekali2 ngerendahin mereka. Mereka juga manusia guys, sama kaya kita. Mereka justru lebih hebat dari kita. Mereka bisa kerja siang malam buat dirinya sendiri dan keluarganya tanpa mengeluh ini itu. Ga zamannya kali ngebully "pembantu".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar