Total Tayangan Halaman

Senin, 08 April 2013

Sayang Label dan Atribut Seperti Terabaikan

Seperti menjadi sebuah kebutuhan sekarang gw ga bisa klo ga live streaming sama calon suami gw yang super duper sibuk macam artis yang sampe tidur di mobil hahahahaha. Ditengah-tengah ritual malam ini gw teringat sama pengalaman ga enak yang lagi-lagi gw alami. Kali ini gw alami pas gw lagi sama mama. Sayang banget gw aga me-rem kebiasaan gw yang suka langsung ngomong ceplas ceplos.

Semua berawal dari niat mama yang mau beli korset biar klo duduk lama tulang mama ga geser lagi. Dengan semangat gw nganterin mama ke sebuah pusat perbelanjaan. Sebut saja nama nya "Ananda". Toko ini mempunyai karyawan yang cukup banyak dan semua memakai atribut kaya gw (yang cewe). Toko ini dah jadi langganan gw dan keluarga gw, karena selain banyak pilihan muali dari anak kecil sampe orang dewasa, dari mulai daleman cewe n cowo sampe dress cewe n kemeja cowo, harga di toko ini bisa dibilang murah dengan kualitas barang yang lumayan.

Masuklah gw dan nyokap ke toko ini dengan mood yang riang (mama berhasil merayu papa buat ngasih dana belanja soalnya hahahaha). Kita ga langsung ke tempat barang yang dituju karena biasa lah ibu-ibu ga bisa liat barang yang kinclong dikit pasti langsung nemplok dulu. Mama itu terkenal matching dari mulai jilbab sampe sendal or sepatu. Jadi gw nemenin mama dulu buat nyari legging yang sewarna dengan baju yang mau dipakai besok harinya. Setelah berhasil menemukan ukuran XXL buat mama yang beratnya dah nambah lagi itu, kita langsung menuju ke tempat korset.

Ini pertama kalinya buat gw n mama beli yang namanya korset. Kita ga tau ukuran buat badan kita itu apa. Alhasil gw n mama melingkarkan korset ke badan masing-masing. Hanya sekedar melingkarkan seukuran korset tanpa menariknya apalagi memakainya. ketika lagi asyik memilih dan mencari ukuran yang pas karena ada yang keliatan ukuranny ada yang entah dimana ukuran itu nyempil sambil sesekali aq melingkarkan korset itu di badan. Tiba-tiba ada suara seorang wanita yang bicara "korset ga bisa dicoba". Awalnya gw ga ngeh banget dy ngomong, ternyata dy mengulang kalimat tidak sopannya itu sambil mendekati gw n mama dengan tampang juteknya.

Gw bilang ga sopan karena gw juga seorang pedagang, dan seharusnya ada etika pedagang ke konsumennya. Spontan gw jawab "Disini ga semua  barang ada label ukurannya sih, dan ga ada tulisan ga boleh dicoba". Tuh pegawai malah ngeloyor pergi. Seandainya gw masih dengan sifat gw yang dulu, pasti gw langsung minta ketemu sama supervisor or manager or pimpinan toko itu sama halnya dengan yang gw lakuin di KFC n tempat2 lain yang pelayanannya mengecewakan.

Gw bukan pengen gimana-gimana, tapi menurut gw apa salahnya dy bersikap ramah sama gw n mama. Dy bisa kan bilang "Maaf bu, korset tidak bisa dicoba yah (sambil senyum)" so sebagai konsumen kita pasti lebih merasa dihargai. Toh klo ga ada yang beli mereka digajinya gimana, ya kan. Sambil gw bayar di kasir gw mellihat sekeliling, mengecek untuk tulisan "jangan dicoba". Ternyata tulisan itu hanya terpampang di tempat celana ketat "Celana Ketat Tidak Boleh Dicoba". Sementara di tempat yang lain ga ada tulisan yang kaya gitu lagi. Sayang gw ga bawa hp pada saat itu so gw ga punya bukti otentiknya. Tapi pikiran positif gw malah bilang "Jangan-jangan dy itu melakukan apa yang sebenernya tidak mereka sukai, misal mereka sebenernya diluar sana tidak memakai atribut kaya gitu, mungkin itu hanya sebuah keharusan dari pemilik toko, atau dy lagi mengalami siklus PMS". Yah gw sih mentokkin ke diri gw ajah, klo gw dipaksa melakukan apa yang ga gw suka or gw lagi PMS gw pasti uring-uringan. Tapi seharusnya dy bisa memanage itu semua dan ga melimpahkan ke konsumen.

Aneh, akhir-akhir ini kenapa gw semakin sering menemukan tempat-tempat yang berlabel sesuai dengan atribut karyawannya yang seperti ini. Bukannya seharusnya pengelola atau pemimpin atau pemilik tempat ini bisa memberikan peraturan yang berkaitan dengan pelayanan yang mereka berikan yah?. Dan bukannya seharusnya tempat public yang berlabel dan beratribut seperti ini bisa lebih baik pelayanannya, lebih ramah, dan bisa menjadi contoh buat tempat-tempat publik yang lain? Sayang sekali label dan atribut ini tidak digunakan sebaik-baiknya untuk menunjukkan nilai-nilai positif yang kita miliki. Malah nilai negatif yang akhirnya tergambarkan. Minus sudah dimata orang banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar